PENYAKIT BRUCELLOSIS PADA HEWAN TERNAK

PENYAKIT BRUCELLOSIS PADA HEWAN TERNAK

Peternak Agar Waspadai Penyakit Brucellosis pada Hewan Ternak

Bisnis.com, MARTAPURA , Sumsel – Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatra Selatan mengimbau peternak agar mewaspadai penyebaran penyakit brucellosis yang dapat menyerang hewan ternak seperti sapi dan domba.

“Penyakit ini harus diwaspadai jangan sampai dialami hewan ternak,” kata Kepala Disnakan Ogan Komering Ulu Timur, Sujarwanto melalui Kabid Kesehatan Hewan, Muhammad Irsadi di Martapura, Selasa (18/12).

Irsadi menjelaskan brucellosis merupakan penyakit bakterial yang dapat menginfeksi hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing dan domba. Selain itu, penyakit ini juga dapat menyerang berbagai jenis hewan ternak lainnya, bahkan bisa menular kepada manusia.

Irsadi menyebutkan gejala yang ditimbulkan dari penyakit tersebut jika dialami manusia yaitu dapat menyebabkan demam yang naik turun dimulai dengan rasa menggigil.

“Penyakit ini dapat dimulai secara tiba-tiba dengan demam dan menggigil, sakit kepala hebat, nyeri, rasa tidak enak badan dan kadang diare,” ujarnya.

Selanjutnya, pada malam hari terjadi demam sampai 40-41 derajat celsius, suhu tubuh menurun secara bertahap, kembali normal atau mendekati normal pada setiap pagi hari disertai keringat yang banyak.

“Demam yang hilang timbul ini berlangsung selama 1-5 hari dan diikuti 2-14 hari bebas gejala. Penyembuhannya dapat berlangsung selama beberapa bulan,” katanya.

Untuk pencegahan penyakit tersebut, lanjut dia, dengan cara pemberian vaksinasi pada hewan ternak sapi, kambing, kerbau maupun domba yang disertai dengan tindakan hygienesanitasi.

“Tindakan ini sangat penting karena kontak dengan materi terkontaminasi memungkinkan agen penyakit menginfeksi melalui luka di kulit,” demikian Muhammad Irsadi.

untuk menghindari berbagai macam penyakit pada hewan peliharaan , gunakan produk SOC HQCS yang memiliki manfaat yang luar biasa untuk hewan ternak anda,

BACA JUGA :MANFAAT SOC HCS UNTUK TERNAK.

Harga SOC HCS eceran: 85rb perbotol.
Khusus Mitra HCS, harga ECERAN 65ribu per botol

HARGA KHUSUS KEAGENAN
Paket isi 24 botol SOC 1.750.000
Harga PAKET di atas khusus area P Jawa & Madura (gratis ongkir)
Harga sudah termasuk ongkos kirim
Isi paket sudah termasuk :
– kartu member (otomatis jadi mitra HCS),
– bulletin HCS, CD
– Program Pelatihan SDM1M,
– Pelatihan Aplikasi peternakan dan pertanian secara GRATIS.
CARA ORDER SOC HCS :
Kirim WA/SMS ke 0853-3488-2589 dengan format ORDER SOC – JUMLAH ORDER – ALAMAT (KECAMATAN – KOTA)
Tunggu balasan kami mengenai jumlah uang yang harus Anda transfer.
Lakukan transfer sesuai jumlah yang disebutkan dalam WA/SMS ke salah satu rekening di bawah.
Setelah transfer dilakukan, kirim WA/SMS pemberitahuan (jumlah transfer+rekening tujuan) ke 0853-3488-2589.
Rekening tujuan transfer ke:
BCA : 0640-4838-90
BRI : 3141-0100-3662-501
AN. AKHMAD HASAN S.Pd

SUMBER :https://ekonomi.bisnis.com/read/20181219/99/871044/peternak-agar-waspadai-penyakit-brucellosis-pada-hewan-ternak

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply