TIPS DAHSYAT MENDAPATKAN CLOSINGAN PERTAMA KALI

TIPS DAHSYAT MENDAPATKAN CLOSINGAN PERTAMA KALI

Pertama kalinya teman-teman  mencoba terjun bisnis online. Begitu ada produk yang closing, pastinya ada perasaan yang luarbiasa bahagianya ya?

Tapi ada juga loh yang masih menemukan kesulitan untuk closing, mendapatkan konsumen-konsumennya. Kira-kira apa saja ya yang bisa dikerjakan agar mudah mendapatkan konsumen.

 

Berikut beberapa langkah yg bisa teman-teman coba praktekan.

 BUAT DAFTAR PROSPEK

Buatlah list calon konsumen yang akan diprospek.

Dari mana list calon konsumen didapatkan….?

Calon konsumen itu tersebar luas di dekat kita… Mulai dari;

  • Tetangga
  • Saudara
  • Teman SD
  • Teman SMP
  • Teman SMA
  • Teman kuliah
  • Teman komunitas/organisasi
  • Teman kantor
  • dari kontak yg ada di HP
  • dari teman FB
  • dari kontak WA
  • dari kontak Telegram
  • .dll

 

Seberapa banyak kita bikin list?

“Ini berbanding lurus dengan seberapa besar kita mau closing.”

Seringkali kita akan closing 10% dari daftar  prospek teman-teman, bisa juga lebih..

Jadi kalau mau closing 10 orang, ya bikin list konsumen yang mau kita tawari 100 orang.

Kalau mau closing 50 orang, ya setidaknya bikin daftar 500 orang.

Carilah produk yang mudah dijual, produk yang bisa digunakan oleh siapa saja, produk yang bisa digunakan di berbagai usia. Carilah produk yang memang dibutuhkan pasar. Carilah produk yang bisa menguntungkan untuk kita semua.

Biasanya kalau sudah dapat satu pelanggan, closing produk akan nular ke yang lain. Kita tawari suatu produk ke si A dan closing (beli), begitu tetangganya tau berminat juga, akhirnya beli lagi. Berlanjut link semakin luas begitu saudara dan teman kantornya si A sampai pesan juga.

 

  1. FOLLOW UP

Sudah punya daftar prospek? Jangan berhenti disitu, lanjut di follow up.

Mulailah jalin hubungan dengan mereka. Gunakan info yang kita miliki. Ucapkan selamat pada yang ulang tahun, berceritalah tentang kesukaannya.

Perlu diingat.

Jika sudah punya produk bukan berarti langsung JUALAN HARD SELLING, mulailah berteman baik dengan prospek. Menjalin hubungan sangat powerfull untuk bisnis. Pertemanan membuat hubungan memprospek menjadi lebih menyenangkan dan tanpa beban.

Pada saat berteman, menjelaskan produk menjadi lebih simple karena namanya juga dengan teman bakal jadi lentur dan mengasyikan.

Pastikan semua orang NYAMAN dengan kita, sehingga akhirnya menjurus mereka yang bertanya tentang PRODUK yg teman-teman jual.

Ingat calon pembeli itu sama seperti kita, bukankah kita sendiri selalu bahagia menemukan orang yang ramah dan menyenangkan.

Bisa dibilang sales profesional itu NYARIS TIDAK KELIHATAN MENJUAL saat berhubungan tapi seperti sedang CERITA PENGALAMAN. Jika teman-teman sudah melakukannya maka mendapatkan konsumen akan menjadi semakin mudah.

 

  1. BUAT TARGET PRIBADI

Target pribadi ini teman-teman bisa tulis atau ketik. Misalkan target penjualan saya 5000 botol OSB. Dengan adanya target, hal ini biasanya akan membuat teman-teman semangat. Kalau mengalir begitu saja, biasanya usaha kita juga ala kadarnya. Pemasukan ya segitu-gitu juga akhirnya.

Untuk apa harus ditarget….?

Supaya omzet tambah besar.

Supaya pemasukan besar.

Terbayang ngak….?

Berikut contoh target penjualan bulanan yg bisa dibuat.

Target Penjualan

  1. Target Penjualan :…………………
  2. Target Rekrut Agen/Distributor :……………….
  3. Target Rekrut Reseller :……………
  4. Target Income :……………
  5. Target Omset :……………..
  6. Kata Motivasi :…………….

 

  1. TO DO LIST

– Promo di media sosial minimal (FB, WA, IG, LINE, dst.) 3-5 kali, selingi dengan share hal-hal positif. Jadi tidak melulu jualan.

Jualan itu kuncinya di promo. Kalau tidak promosi, orang jadi tidak tahu kalau teman-teman punya produk.

Sampai kapan kita harus promosi…? Ya selama usaha kita tetap ingin berjalan.

– Broadcast copywriting di grup WhatsApp atau grup jual beli FB menawarkan produk dengan bahasa yang menarik.

– Bangun afirmasi positif bahwa produk yg ditawarkan produk berkualitas. Produk bagus pasti laris, kalau semakin rajin teman2 promo, teman2 akan semakin banyak terima pesanan.

– Fast Respons. Jika setelah kita broadcast, sms, atau pasang status di

FB dan banyak respon maka kelebihan kita yang harus ditonjolkan adalah

cepat menjawab pertanyaan mereka shg mereka akan lebih cepat mempertimbangkan dan memutuskan untuk beli atau tidak. Banyak orang yang tidak suka di follow up, dan banyak juga ternyata yang jika diingatkan malah senang. Karena teringat kembali dan semangat lagi

buat beli produk kita. Jangan lupa follow up dengan bahasa yang pas, misalnya “Bagaimana ibu, jadi pesan OSB kidsnya.. ?”.

– Evaluasi dan bikin variasi gaya promosi kita misalkan sekali-kali bikin gaya iklan di tv, bikin pantun, posting testimoni, dll.

– Buat Fanpage Online Shop kita, website atau blog.

– Buat juga jurnal harian.

JURNAL HARIAN

Tanggal :

  1. Penjualan pribadi :………
  2. Rekrut Agen/Distributor :……..
  3. Rekrut Reseller : ………
  4. Promosi via fb/wa/ig (checklist):….kali

# Pagi : ……..

# Siang : ……..

# Sore : ……..

Promo ke group fb/wa :

Promosi dengan media lain :

Jumlah teman fb/wa/ig :

  1. Evaluasi promo

Kelebihan : ……

Kekurangan : …….

  1. Strategi untuk esok hari :…..

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply