5 POIN PENTING AGAR JAGO JUALAN ONLINE

5 POIN PENTING AGAR JAGO JUALAN ONLINE

Pastinya kita sudah ada yang terbiasa jualan online atau setidaknya pernah mencoba ya.

Ya era sekarang ini, memang sangat mudah kita bisa mendapatkan pemasukan fantastis hanya dari online saja. Oleh karena itu  apa yang perlu kita kuasai……?

Berikut 5 poin penting agar jago jualan online

  1. PILIH & PAHAMI PRODUK YANG DIJUAL

Kesuksesan penjualan akan ditentukan dari ketepatan kita dalam memahami produk dan calon pembelinya

 

PRODUK :

 1. Solusi apa yang ditawarkan dari produk ini….?

Produk yang kita pasarkan, bukan hanya sekedar produk atau jasa, tapi produk yang kita pasarkan itu harus menjadi kebutuhan dari para calon konsumen kita, sehingga omset atau transaksi yang kita harapkan sesuai dengan keinginan kita.

 2. Apa kelebihan produk ini dibanding pesaing….?

Kita harus benar-benar paham dan tahu apa yang menjadi kelebihan produk kita, dibandingkan dengan produk sejenis yang ada di luaran sana, sehingga orang lain akan beralih membeli produk kita, dan akhirnya menjadi pelanggan setia produk kita.

 3. Apakah sudah benar-benar paham tentang produknya….?

Sekali lagi kita sebelum jualan, harus benar-benar paham produk knowledge nya, mulai dari manfaat, cara pemakaian, pantangan dan lain sebagainya.sehingga kalau ada pertanyaan dari konsumen, kita dapat menjawabnya dengan benar, tanpa membohongi calon konsumen .

 

PASAR (CALON PEMBELI):

 1. Kira-kira siapa yang membutuhkan produk yang dijual….?

Produk yang kita jual, harus kita paham dan tahu benar, siapa yang membutuhkan produk kita, cari segmen pasar yang jelas, usia berapa , saat kapan mereka membutuhkannya, dll

 2. Di mana kita bisa menemukan mereka….?

Kita harus melakukan penelitian, dimana kita bias menemukan calon pembeli, apakan teman dekat kita, atau orang yang tidak kita kenal, baik lewat riset melalui google trend atau yang lainnya.

 

 3. Di mana mereka biasanya berkumpul…..?

Target pasar harus kita temukan, untuk mendapatkan omset sesuai harapan kita, jangan asal jualan dan jualan, dimanakan mereka biasa berkumpul, dimana mereka berada, di komunitas apa mereka berada, kita harus masuk di dalamnya.

Tahukah mengapa menjawab pertanyaan ini penting…?

Berikut ini beberapa manfaat dengan menjawab pertanyaan di atas:

 1. Kita akan dapat menentukan target calon pembeli yang akan dituju

 2. Mampu fokus ke media di mana calon pembeli berkumpul

 3. Dapat menyiapkan bahasa promo yang pas untuk calon pembeli

 

  1. TENTUKAN TARGET OMZET

TARGET OMZET

Wajib hukumnya bagi kita mempunyai target omzet per bulan. Meskipun tidak ada target dari si pembuat produk, namun jika kita ingin agar penjualan semakin besar maka kita harus membuat rencana dan target omzet.

Seringkali yang saya temukan di lapangan adalah Reseller berjualan hanya berdasarkan ini:

 1. Kalau lagi mood jualan.

 2. Kalau lagi ada waktu senggang.

 3. Kalau lagi ada promo.

 4. Kalau lagi butuh uang.

 

Hayooo ngakuu saja….Hehe….

Hal inilah membuat penjualan menjadi tidak konsisten, penghasilan tidak stabil, kadang ada kadang tidak ada. Jualannya tergantung mood atau tergantung keadaan, sedang butuh uang atau tidak.

Kunci sukses seorang Reseller / Penjual dengan penghasilan yang besar setiap bulannya adalah konsisten membuat target omzet.

 

Bagaimana cara membuat target omzet?

Caranya mudah banget.

Anda dapat membuat target omzet berdasarkan waktu, misalnya target jualan per hari, per minggu, atau per bulan. Anda juga bisa membuat target omzet jualan per media apa yang dipakai, misalnya jualan dari Facebook berapa, dari BBM berapa, dari Whatsapp berap, dari youtube berapa, dll

 

  1. BUAT KOLAM PROSPEK

Ini poin sangat penting kalo mau incomenya jutaan.

Saya punya reseller dengan income belasan juta per bulan karena punya kolam prospek. Saya pun bisa closing 50 juta dalam 2 hari, pernah 20 juta dalam 6 jam. Karena punya kolam prospek.

 

Apa itu kolam prospek…?

Kolam prospek adalah tempat kita mengumpulkan calon prospek pada satu media. Contoh kolam prospek itu seperti BBM, Grup Whatsapp, Grup Facebook dll.

Kenapa sih perlu membangun kolam prospek….?

Kolam prospek ini akan menjadi tempat berkumpulnya calon pembeli dalam jumlah yang besar. Dengan adanya kolam prospek ini, kita tidak akan kehabisan daftar calon pembeli dengan catatan kita disini harus terus-menerus menambah prospek di kolam prospek.

Sampai disini sudah mulai paham….?

 

Ilustrasinya seperti ini, lebih enak mana memancing ikan di antah berantah atau memancing ikan di kolam sendiri….?

Tentu lebih enak mancing di kolam sendiri, kan, karena kita tidak akan kesulitan untuk menangkap ikannya. Kalau di kolam sendiri cara menangkapnya tinggal pasang jaring langsung panen.

Sebelum saya menjelaskan lebih lanjut tentang cara membangun kolam prospek, kita perlu ketahui hal-hal apa saja yang membuat calon prospek mau bergabung ke dalam wadah kolam kita.

Berikut ini yang membuat calon prospek mau masuk ke kolam kita.

  1. Karena ingin belajar.

Ketika orang yang bergabung ke kolam kita karena ingin belajar, mereka menganggap diri kita ahli sehingga ingin belajar dari kita.

  1. Karena ada penawaran spesial.

Orang bergabung karena sedang ada program penawaran spesial atau promosi tertentu.

  1. Suka dengan bahasannya.

Orang bergabung ke kolam kita karena menyukai topik bahasan yang dibangun sehingga ingin mendapatkan sesuatu yang ter-update.

  1. Ingin materi gratis.

Ohiya PRINSIP MEMBANGUN KOLAM PROSPEK >>> JANGAN LANGSUNG JUALAN melainkan KASIH BANYAK MATERI BERMANFAAT

KUNCI MEMBANGUN KOLAM PROSPEK ADALAH SHARING-SHARING DAHULU, SELLING-SELLING KEMUDIAN

 

  1. BUATLAH JUDUL PROMO YANG MENARIK

Penjualan jutaan Anda dimulai dari sini,..

Ingattt, Judul promosi yang dibuat HARUS mencuri perhatian konsumen. Harus menarik banget !

Kalau dari judul promosinya saja sudah tidak menarik, bagaimana kita bisa meyakinkan calon pembeli..? Jangankan sanggup meyakinkan mereka, membuat mereka melirik promosi kita saja tidak berhasil.

BAGAIMANA MEMBUAT JUDUL PROMO YANG MENARIK…?

Saya belajar konsep membuat judul promo dari Joe Vitale, beliau menulis sebuah konsep Hypnotic Writing. Hypnotic Writing adalah suatu teknik pemilihan kata-kata yang sengaja digunakan untuk mengarahkan pembaca untuk tujuan tertentu.

Beberapa kata yang bisa digunakan untuk judul promo.

 1. Akhirnya

 2. Seru

 3. Eksklusif

 4. Fantastis

 5. Pertama

 6. Gratis

 7. Dijamin

 8. Luar biasa

 9. Rahasia

 10. Terbatas

 11. Ampuh

 12. Terungkap

 13. Spesial

 14. Segera

 15. Terbaru

 16. Sekarang

 17. Mudah

 

Yuk, lihat beberapa judul promosi yang saya buat menggunakan beberapa kata di atas.

TERUNGKAP

Terungkap cara menguasai bahasa Inggris dalam 7 hari.

RAHASIA

Ini dia rahasia melangsingkan tubuh tanpa diet.

GRATIS

Mau gratis konsultasi bisnis? Silahkan cek ini.

MUDAH

Kini hadir cara mudah memulai bisnis.

 

ADA CARA LAIN DALAM MEMBUAT JUDUL:

Janjikan manfaat.

Teknik ini sering digunakan oleh banyak penjual yang jago jualan. Kuncinya adalah memberikan janji kepada calon pembeli. Namun perlu ingat, janji yang diberikan memang harus benar-benar bisa terbukti.

Contoh:

– Ternyata krim ini bisa memutihkan wajah kurang dari 30 hari.

– Ikuti program ini yang terbukti meningkatkan penjualan Anda 3x lipat.

Berikan Alasan.

Variasi pembuatan judul promo yang menarik lainnya adalah kita bisa mengangkat tentang alasan mengapa konsumen harus menggunakan produk kita sehingga isi iklan akan berisi alasan mengapa perlu menggunakan produk yang teman2 tawarkan ini.

Contoh:

– 7 Alasan yang wajib Anda tahu sebelum mendaftar kursus ini.

– Ini dia alasannya mengapa produk ini banyak dibeli orang.

Judul Promosi Penasaran

Kitapun bisa membuat judul promosi yang membuat pembaca menjadi penasaran agar pembaca akan membaca lebih lanjut. Dengan membuat si pembaca penasaran, akhirnya mendorong pembaca untuk mencari tahu informasi lanjutan dari judul promosi yang kita buat.

Ingat! Kuncinya membuat pembaca penasaran ya.

Contoh:

– Akhirnya hadir rahasia cepat closing tanpa pusing.

– Ini dia Investasi paling menguntungkan tahun ini!

 

  1. KUASAI TEKNIK CLOSING

APA ITU TEKNIK CLOSING

Sebelum saya menjelaskan lebih jauh tentang teknik closing, saya akan mengajak Anda melihat beberapa kondisi dibawah ini.

Apakah Anda pernah mengalaminya?

  • Sudah berjualan pakai banyak cara tapi hanya menghasilkan sedikit.
  • Sudah promosi di berbagai acara tapi minim omzet.
  • Sudah jualan kemana-mana tapi penjualan segitu-gitu aja.
  • Sudah banyak reply chat tapi ujung-ujungnya ngak beli.

 

Mungkin ketika Anda menawarkan produk ke konsumen, responnya seperti ini:

  • Nanti dulu ya!
  • Maaf, saya belum butuh
  • Saya pikir-pikir dulu ya!
  • Hanya di read tapi tidak direspon
  • Saya tanya suami saya dulu
  • Nanti saya hubungi lagi ya

Nah, bagi yang sering mengalami hal ini, di sinilah pentingnya teknik closing. Lalu apa itu sebenarnya teknik closing?

Teknik closing adalah teknik penjualan dengan tujuan agar segera terjadi transaksi dan konsumen segera melakukan pembayaran.

Lalu apa saja yang bisa dilakukan agar jualan menjadi laris dengan teknik closing? Berikut ini beberapa teknik yang bisa di terapkan:

  1. Memberikan Bonus Berlimpah
  2. Besok Harga Naik
  3. Memberikan Diskon
  4. Penawaran Terbatas
  5. Teknik Follow up
  6. Teknik pilihan

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply