#5 ANJURAN BAGI PENUNTUT ILMU

#5 ANJURAN BAGI PENUNTUT ILMU

#5 ANJURAN BAGI PENUNTUT ILMU

ايهاالطالب الفريق الاول احذر ان الفريق الثانی، اجله الاجل ل التوبۃ اياك اياك ل ال ال اا اكا ل الفريق الثاكا

Maka dari itu, wahai para pecinta ilmu, jadilah kamu golongan yang pertama, (yakni orang alim yang mengamalkan ilmunya), dan janganlah menjadi golongan yang kedua. Karena banyak orang yang menunda-nunda dalam bertaubat, yang akhirnya akan datang lebih dahulu, sehingga menjadi orang yang merugi.

Dan jangan sekali-kali kamu masuk pada golongan ketiga, karna apabila kamu menjadi golongan yang ketiga, kamu akan rusak serta binasa, yakni tidak ada harapan akan selamat, dan tidak akan ditunggu-tunggu akan baik-baik saja, (yakni mungkin tidak akan mungkin menunggunya) menjadi lebih baik).

ان لت ا ايۃ ​​الهدايۃ لِاَجرِبَ ا اعلم ان ايتها اهر التقوی ايتها اطنۃ التقوی , لاعاقبۃ الابالتقوی لاهدايۃ اللمتقين.

Dan jika kamu bertanya: “Apakah awal dari hidayah itu? Agar aku bisa mengenal diriku (nafsuku), Maka ketahuilah olehmu bahwa awal dari hidayah adalah perbuatan nyata dalam bertaqwa kepada Allah (amal dzohiriyah).

akhir dari perbuatan baik adalah yang tidak bisa terlihat dalam menjalankan taqwa pada Allah (amal batiniyyah kita/hati kita), maka akan mendapat bagian keuntungan kecuali dengan bertaqwa, dan tidak ada hidayah dari Allah kecuali untuk orang-orang yang bertaqwa.

التقوی ارۃ امتثال امرﷲ الی اجتناب اهيه، ا ان ا اأشير ليك ل اهر لم التقوی القسمين ا لحق ا الثا ليصيرَ ااكت ال ا لحق ا الثا ليصيرَ اكتاكت

Kemudian, pengertian taqwa adalah, taat pada perintah-perintah Allah dan larangan-larangan-Nya. Dan penjelasan tentang ketaatan dan larangan ini dibagi menjadi dua bagian. Dan disini kami akan memberi tahu kamu tentang dua bagian tersebut, dengan beberapa penjelasan yang ringkas dari dzhohirnya ilmu taqwa (atau ilmu pengetahuan amaliyah nyata) dalam dua bagian, (yakni adab-adabnya menjalankan ibadah dan adab-adabnya luas maksiat).

Dan bahkan akan menambahkan adanya bagian ketiga, (yakni adab-adab sebagai makhluk sosial/ hablum minannaas) Agar supaya kita mengumpulkan tiga bagian tersebut dan bisa mencukupi.

Dan hanya kepada Allah ‘Azza Wa Jalla dzat yang dimintai pertolongan

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.