PENYAKIT HEWAN KEMBUNG PERUT

PENYAKIT HEWAN KEMBUNG PERUT

Bloat ( Penyakit Hewan Kembung Perut /Timpani Ruminal)

Kembung sering dijumpai pada ruminansia, baik pada sapi, kambing maupun domba. Pada dasarnya kembung disebabkan karena ketidak-mampuan ternak menghilangkan gas yang dihasilkan oleh rumen. Keadaan tersebut bisa menyebabkan kematian kalau tidak segera ditangani. Kematian disebabkan oleh tertekannya diafragma dan paru-paru oleh rumen yang mebesar akibat gas yang berlebihan.

Etiologi

Kembung bisa disebabkan oleh sejenis tanaman untuk pakan ternak. Tanaman yang sering menyebabkan kembung adalah leguminosa (kacang-kacangan), seperti kacang tanah, Centrocoma dan alfafa. Tanaman yang masih berumur muda dan biji-bijian yang diberikan dalam bentuk halus juga bisa menimbulkan kembung.

Selain faktor pakan, faktor individu ternak juga menentukan kepekaan terhadap kejadian kembung. Ternak yang dalam keadaan bunting atau dalam kondisi kurang baik, mungkin juga kekurangan darah dan kelemahan umum cenderung mudah menderita kembung.

Gejala Klinis

Ternak sebentar-sebentar berbaring dan kemudian berdiri, tampak sempoyongan dan berjalan ke sana kemari tanpa tujuan, kelihatan bingung. Terlihat sulit bernapas, sisi tubuh sebelah kiri menggembung/menonjol ke atas dan ke luar, serta bersuara drum apabila ditepuk. Gerakan rumen biasanya tetap berlangsung sampai bagian dalam dari mulut dan daerah sekitar mata berubah menjadi kebiruan. Perubahan ini menunjukkan adanya kekurangan oksigen dan mendekati kematian.

Pengobatan

Pengobatan secara cepat sangat diperlukan. Paksa ternak untuk berdiri, posisikan kaki depan lebih tinggi daripada kaki belakang. Mulut dibuka, sepotong kayu dimasukkan melintang dan pada kedua ujungnya diikiatkan tali. Kemudian tali tersebut diikatkan ke belakang tanduk agar tidak lepas. Metode ini sering dikenal dengan sebutan broom stick therapy. Tindakan ini merangsang pengeluaran air liur dan membantu mengurangi kembung perut. Selanjutnya pemberian obat atau bahan lain bisa dilakukan. Minyak goreng, minyak kayu putih atau minyak atsiri yang dicampur air hangat bisa diberikan. Obat-obatan kimia dengan merek dagang”” tympasol”” untuk kembung berat bisa diberikan secara per oral. Tympasol berisi zat-zat aktif, antara lain : 4 – chloro – m – cresol, 4 – chloro – m- xylenon, formaldehid Thymal, Timol, Dimethyl polysiloksan. Obat lain dengan merek dagang “Antibloat” berisi dimethicone bisa juga dipakai secara per oral. Obat dengan merek dagang ”Castor Oil” yang berisi minyak castor digunakan untuk kembung ringan.

Pencegahan

Pada umumnya ternak yang terkena kembung akan kehilangan napsu makan dan minum, sehingga pengobatan juga akan sulit. Langkah yang paling bijaksana adalah dengan jalan mewaspadai ternak terkena kembung melalui pengawasan gejala-gejala kembung dan menejemen pemeliharaan yang lebih baik.

Sebagai solusi dari PT Hidup Cerah Sejahtera ada SOC HCS,

BACA JUGA :MANFAAT SOC HCS UNTUK TERNAK.

Harga SOC HCS eceran: 85rb perbotol.
Khusus Mitra HCS, harga ECERAN 65ribu per botol

HARGA KHUSUS KEAGENAN
Paket isi 24 botol SOC 1.750.000
Harga PAKET di atas khusus area P Jawa & Madura (gratis ongkir)
Harga sudah termasuk ongkos kirim
Isi paket sudah termasuk :
– kartu member (otomatis jadi mitra HCS),
– bulletin HCS, CD
– Program Pelatihan SDM1M,
– Pelatihan Aplikasi peternakan dan pertanian secara GRATIS.
CARA ORDER SOC HCS :
Kirim WA/SMS ke 0853-3488-2589 dengan format ORDER SOC – JUMLAH ORDER – ALAMAT (KECAMATAN – KOTA)
Tunggu balasan kami mengenai jumlah uang yang harus Anda transfer.
Lakukan transfer sesuai jumlah yang disebutkan dalam WA/SMS ke salah satu rekening di bawah.
Setelah transfer dilakukan, kirim WA/SMS pemberitahuan (jumlah transfer+rekening tujuan) ke 0853-3488-2589.
Rekening tujuan transfer ke:
BCA : 0640-4838-90
BRI : 3141-0100-3662-501
AN. AKHMAD HASAN S.Pd

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply