5 JENIS KONTEN VIDEO TERPOPULER DI YOUTUBE

5 JENIS KONTEN VIDEO TERPOPULER DI YOUTUBE

5 Jenis Konten Video Terpopuler di Youtube

Kini, hampir setiap orang mengakses situs Youtube. Mulai dari usia muda hingga tua sekali pun. Seketika banyak orang yang bercita-cita menjadi seorang Youtuber. Apalagi melihat kesuksesan para Youtuber sekarang, baik dari segi ketenaran maupun materi yang diperoleh.

Lantas, kamu sendiri punya rencana untuk menjadi seorang Youtuber? Bingung kira-kira jenis video apa yang bisa kamu buat untuk mengisi channel Youtube kamu?

Dikutip dari buku Youtuber for Dummies, Deddy Corbuzier menyebut beberapa jenis konten video yang paling banyak dicari di Youtube. Konten-konten video ini bisa kamu jadikan inspirasi agar channel Youtube bisa setenar Om Deddy.

Berikut di antaranya,

1. Vlog
Blog dan vlog itu serupa tapi tak sama. Peristiwa sehari-hari yang diceritakan dalam blog berupa tulisan. Sedangkan, cerita dalam vlog disampaikan dalam bentuk video.

Selain itu, vlog bisa berupa Talking Head Vlog, yakni sebuah video di mana vlogger berbicara langsung di depan kamera yang direkam pada tempat dan situasi yang sama.

Ada juga vlog yang berupa video tutorial, seperti tutorial make up dan hijab. Lalu video tentang jalan-jalan alias travel vlog, game review, video tentang makanan a.k.a. food vlog, sampai unboxing produk.

Deddy Corbuzier sendiri menyebutkan kalau jenis video vlog adalah yang paling populer di Youtube. Salah satu Youtuber sukses yang terkenal dari vlog-nya adalah Casey Neistat.

2. Film pendek
Melihat namanya mungkin kamu sudah duluan berpikir kalau jenis video ini kelewat sulit untuk diciptakan. Memang, film pendek sulit diproduksi walaupun durasinya jauh lebih sebentar dibanding film pada umumnya.

Namun, ternyata film pendek bisa dibilang jenis video yang banyak ditemukan di Youtube. Belum lagi dengan munculnya fenomena web drama.

Beberapa Youtuber populer Tanah Air pun pernah membuat konten video berupa film pendek. Misalnya film pendek karya Chandra Liow yang berjudul Salah Siapa dan film pendek berjudul Pulang Duluan karya Aulion.

3. Cover lagu
Bicara tentang musik, Youtube jadi platform langganan sejuta umat untuk menonton video klip penyanyi atau band favorit mereka.

Namun selain itu, salah satu konten video yang paling populer di Youtube terkait musik adalah video cover lagu. Entah itu dibawakan dengan alat musik tertentu, beberapa lirik yang diganti dari lagu aslinya, atau aransemen musik yang diubah dari lagu original-nya.

Beberapa Youtuber yang terkenal berkat video cover lagu, antara lain Hanin Dhiya, JFlaMusic, Boyce Avenue, Misellia Ikwan, dan Kurt Hugo Schneider.

4. Komedi

Siapa yang tak suka hal-hal lucu dan konyol yang mengundang gelak tawa? Dalam buku Youtuber for Dummies, Deddy Corbuzier turut menyebutkan kalau jenis video yang mengandung unsur komedi termasuk tayangan populer di Youtube.

Dengan kisaran durasi yang biasanya pendek, tentu video komedi banyak disukai penonton. Misalnya saja video yang bertema parodi, baik parodi lagu maupun film yang dibuat versi singkatnya.

Bicara tentang video komedi, Edho Zell dan Bayu Skak termasuk Youtuber Indonesia yang sering membuat konten video komedi.

5. Live video

Fitur live video sendiri masih terbilang baru di Youtube. Sebelumnya, ada beberapa ketentuan untuk menggunakan fitus ini. Contohnya, seorang Youtuber harus memiliki subscriber minimal 1000 akun.

Akan tetapi, sekarang fitur live video bisa diakses siapa saja. Melalui fitur ini, seorang Youtuber dapat berinteraksi lebih intens dengan para fans dan viewers-nya.

Itulah 5 jenis konten video paling populer di Youtube yang bisa menjadi inspirasi channel Youtube kamu. Pun sebenarnya ada berbagai jenis video lainnya yang secara detail akan diungkapkan Deddy Corbuzier dalam buku terbarunya.

Lalu, apakah kamu sudah memutuskan jenis konten video apa yang akan kamu buat untuk mengisi channel Youtube-mu?

Untuk lebih mengetahui seluk-beluk tentang Youtube dan bagaimana cara memulainya bagi pemula, kamu bisa menelusurinya lewat buku Youtuber for Dummies.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply