Sewa Buku dan Koran atau Majalah

Sewa Buku dan Koran  atau Majalah

KEBUTUHAN DASAR :

  1. Usaha ini tak membutuhkan tempat yang besar, karena itu cukup berlokasi di rumah pun bisa membuka layanan ini.
  2. Sebagaimana persewaan film, yang paling utama  dalam usaha ini adalah keberadaan buku terbaru dan terlaris yang dijadikan koleksi untuk disewakan. Sedangkan untuk koran dan majalah bisa Anda sewakan untuk baca di tempat. Dalam hal ini, Anda bisa membentuk sebuah mini caft” untuk menambah nyaman taman bacaan Anda. Biaya buku baru sekarang berkisar antara Rp 20 ribu hingga Rp 100 ribuan. Sedang bea langganan koran dan majalah saat ini berkisar puluhan ribu per media. Untuk rak buku dan majalah, diperlukan biaya sekitar Rp 1 juta – Rp 2 jutaan.
  3. Karyawan yang dibutuhkan untuk usaha ini tak perlu banyak, paling minim hanya satu orang penjaga persewaan dan satu pelayan ta/i” Anda.
  4. Brosur atau katalog atau selebaran promosi tentang koleksi buku terbaru Anda.

 

PERSIAPAN

  1. Usaha persewaan buku ini sebenarnya tak terlalu sulit dijalani. Seperti juga persewaan film, Anda juga perlu memperhatikan identitas peminjam yang jelas sehingga Anda tak terlalu repot menagih jika peminjam belum mengembalikan pinjamannya. Katalog koleksi yang rapi juga bisa membantu Anda mengontrol semua koleksi film Anda. Kalau perlu, buatlah kartu keanggotaan.
  2. Buat nyaman café baca Anda dengan musik ringan yang ea.p’ listening Di beberapa tempat, taman bacaan dengan konsep mini café ini biasanya justru café-nya yang lebih banyak memberi masukan dibanding sewa bukunya. Karena
    itu, buatlah sebaik dan senyaman mungkin café taman bacaan Anda.

 

PROYEKSI PENDAPATAN

  1. Biaya sewa buku saat ini berkisar Rp 1.000 hingga Rp 5.000-an masa seminggu sewa tergantung kebaruan, kelarisan, dan kemahalan harga buku. Sedangkan untuk majalah dan koran, Anda tak perlu memungut bea sewa.
  2. Cukup bertempat yang nyaman bagi mereka untuk baca di tempat dan Anda akan mendapat pemasukan dan mini café Anda. Untuk minuman teh botol Anda bisa menjual antara Rp 2.000 sampai Rp 3.000-an. Untuk kopi bisa mencapai Rp 5.000-an. Guna menambah variasi, Anda bisa menjual juga jus buah dan sejumlah makanan kecil. (Agoeng Widyatmoko)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply