MODUL 19 – ANATOMY AIDCA DALAM COPYWRITING

MODUL 19 – ANATOMY AIDCA DALAM COPYWRITING
  1. A = ATTENTION = PERHATIAN

Ketika Anda menulis copywriting, tugas pertama Anda adalah MENDAPATKAN PERHATIAN dari pembaca saat mereka membaca iklan Anda.

Bagaimana cara Mendapatkan Perhatian tersebut?

Anda bisa menyampaikan sebuah Fakta yang mengagetkan, Data yang Mencengangkan atau dengan menggunakan kalimat Pertanyaan. Paham, kan?

.

  1. I = INTEREST = KETERTARIKAN

Setelah Anda mampu mendapatkan perhatian dari pembaca. Selanjutnya Anda bikin supaya mereka mau membaca lebih lanjut isi iklan Anda, buat mereka TERTARIK. Pikirkan bagaimana caranya agar mereka bergumam dalam hati, “Ini DIA!”, “Saya Banget Nih!”,” Ini Baru Bener…”

Tahap ini sangat penting karena jika Anda gagal membuat mereka TERTARIK dengan cerita Anda, maka kerena akan cari yang lain, pindah ke toko lain, atau tutup browser. Jadi pikirkan baik-baik!

.

  1. D = DESIRE = KEBUTUHAN

Setelah mereka tertarik dengan cerita Anda, tahap selanjutnya buat mereka merasa BUTUH dengan solusi yang Anda tawarkan.

Berikan penawaran terhadap pembaca, jelaskanlah kelebihan produk Anda dan Keuntungan apa saja jika mereka memiliki atau menggunakan produk tersebut.

.

  1. C = CONVICTION = MEMBERI KEYAKINAN

Selanjutnya, Anda harus membuat mereka merasa YAKIN bahwa apa yang Anda sampaikan itu memang benar adanya. Buat penegasan dari sisi produk, tim, atau bisnis Anda.

Tahap Memberikan Keyanikan ini juga penting agar prospek benar-benar YAKIN dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan, bukan hanya omong kosong doang.

.

  1. A = ACTION = PERINTAH/AJAKAN

Tahap terakhir ini bertujuan agar pembaca mau melakukan apa yang kita PERINTAHkan, biasanya berisi Call To Action untuk Beli, Download, atau Kalimat Ajakan seperti Ucapkan Aamiin, Like, Koment, dan Share Status Ini.

 

Berikut Aplikasi Anatomy AIDCA dalam beberapa media:

** 1. ANATOMY AIDCA Dalam Copywriitng di PPC (Pay Per Click) Google Ads **

√ ATTENTION : Prospek melihat Google Ads Headline saat mancari di Google

√ INTEREST : Deskripsi pendek Google Ads, gunakan tawaran yang menggoda

√ DESIRE : Prospek mengKLIK Iklan Anda dan mendarat di Landing Page yang sudah Anda rancang dengan mentap. Informasikan detail produk serta tunjukkan manfaat apa saja yang mereka dapatkan ketika membeli produk Anda akan menimbulkan keinginan untuk Membeli.

√ CONVICTION : Tunjukkan Testimonial dan authority Anda untuk lebih MEYAKINKAN calon pembeli.

√ ACTION : Berikan batasan waktu dan stok dalam CTA Anda, itu akan menggerakan mereka untuk segera mengambil tindakan untuk membeli produk Anda.

.

** 2. ANATOMY AIDCA Dalam Copywriitng di EMAIL MARKETING dan SOSIAL MEDIA **

√ ATTENTION : Prospek melihat Subjek Email dan membuka atau prospek membaca Judul Postingan di Sosmed kemudian mengklik.

√ INTEREST : Deskripsi isi email menunjukkan tawaran yang menggoda. Atau isi postingan memnuatnya ingin mengklik segera.

√ DESIRE : Prospek mengklik Link dan mendarat di Landing Page. Informasi dan manfaat produk akan menimbulkan keinginan untuk beli.

√ CONVICTION : Testimonial dan autority akan membuat prospek menjadi yakin.

√ ACTION : Batas waktu dan stok barang akan membuat mereka segera membeli.

.

** 3. ANATOMY AIDCA Dalam Copywriitng di LANDING PAGE **

√ ATTENTION : Headline dan Subheadline √ INTEREST : Deskripsi Produk, Bullet Points √ DESIRE : Penawaran yang menggoda √ CONVICTION : Testimonial, Garansi, dan Autority √ ACTION : Call To Action dan Beri Batasan waktu serta jumlah stok.

.

** 4. ANATOMY AIDCA Dalam Copywriitng di OLSHOP **

√ ATTENTION : Headline dan Gambar yang menarik √ INTEREST : Deskripsi Produk √ DESIRE : Penawaran yang aduhai √ CONVICTION : Testimonial dan Garansi √ ACTION : Call To Action (Pin BBM atau WA)

.

Bagaimana, apakah Anda sudah memahami ANATOMY A.I.D.C.A Ini?

Walaupun Anatomy Ini tergolong Klasik namun masih efektif untuk membuat copywriting Anda menjadi menarik dan pastinya memberikan hasil. Silahkan buktikan sendiri!

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply