MODUL 18 – SUBMODALITY OF MIND

MODUL 18 – SUBMODALITY OF MIND

Kali ini kita akan membahas tentang SUTRADARA FILM DALAM PIKIRAN. Dari bahasanya aja keren, hehe..

Disini kita akan belajar bagaimana jalan pikiran orang bekerja agar copywriting yang kita buat sesuai dengan pola berpikirnya. Teknik inilah yang Saya gunakan ketika membuat copywiritng sehingga orang yang membacanya bakal bilang, “Ini Gue Banget!’, “Tahu aja kang Dewa sama kebutuhanku”, “Bener banget, Coach”.

Kalau sudah pada bilang seperti itu, biasanya tinggal nunggu aja mereka pada transfer, asik2.. hehe…

Saya coba jelaskan lebih detail lagi, supaya temen-temen makin paham teknik SUBMODALY OF MIND dan hubungannya dengan copywiritng. Percuma juga meski namanya keren, eh, tidak bisa penerapannya. bener, ga?

Nah, Setiap orang adalah sutradara dari film dalam pikirannya. Mereka membuat film mental dari GAMBAR, SUARA, dan RASA (G/S/R) untuk membentuk ulang (representasi) pengalaman. Representasi ini akan berdampak pada perasaan mereka dan akan berpengaruh kuat pada motivasi bertindak.

Copywriting yang baik akan membantu kita mempengaruhi sutradara dalam membentuk Gambar, Suara dan Rasa, sehingga mempengaruhi EMOSI dan MOTIVASI Bertindak.

Submodality adalah parameter dari Gambar, Suara, dan Rasa dalam pikiran. Misal :

√ Gambar : lokasi, ukuran, intensitas, asosiasi/disosiasi, HP, dll…

√ Suara : lokasi/arah, volume, siapa sumber suara, warna suara,dll…

√ Rasa : perasaan, gerakan, lokasi, intensitas, jenis, dll….

Perubahan Submodality akan mengontrol perubahan motivasi bertindak.

 

Ini langkah penerapannya:

√ Buat prospek seolah mengalami secara riil sudah merasakan menfaat produk kita:

√ Stimulasi pikiran dengan kata yang melibatkan seluruh indra.

√ Amplifikasi stimulasi pikiran dengan mengubah submodality.

CONTOH, coba Anda Bandingkan:

** Sebelum **

Mobil ini dilengkapi mesin yang memiliki kecepatan maksimum 250 km/jam. Terdapat sound system terbaru dolby stereo dengan 8 speaker yang tersebar di seluruh kabin mobil. Selain itu mobil ini juga menggunakan cat yang berkualitas tinggi dan jok yang terbuat dari kulit yang lembut dan mewah.

** Sesudah **

Bayangkan seperti apa rasanya mengendarai mobil yang bisa Anda pacu dengan kecepatan hingga 250 km/jam. Sambil mendengarkan musik mendentum mantap di telinga Anda dari sound system dolby stereo dengan 8 speaker di tiap sisi kabin mobil.

Anda juga bisa menikmati nyamannya duduk di jok yang terbuat dari kulit yang amat lembut dan nampak demikian mewah. Alami rasa keren berada di dalam mobil dengan kilau indah cat yang jelas terlihat berkualitas tinggi.

.

Bagaimana terlihat perbedaannya?

Kalau sudah pakai teknik ini, pembeli bakal terhipnotis untuk segera membeli produk Anda.

 

Supaya calon pembeli makin “TERANGSANG” untuk membeli produk kita, tambahkan lagi teknik PAIN OR GAIN BOOSTER. Ada 3 Langkah dalam penerapannya, yaitu:

√ Mendreskripsikan Proses

√ Gunakan Kata Indrawi

√ Gerakkan Dengan Kata Sifat/Keterangan

 

PENTING….!!! Lakukan Amplify Subodality Pain Secara Wajar. Jangan Berlebihan!

Misalnya : Menjual E-Book Rahasia Cepat Hamil

Wajah suami Anda nampak demikian kecewa, berbulan-bulan semenjak menikah terapi saja belum hamil. Anda terus berusaha untuk bisa bersabar dan menahan diri untuk tidak bertengkar atau makin menyalahkan diri sendiri.

Sekalipun Anda bisa melihat dengan jelas tatapan mertua yang bertanya-tanya, namum mengeluh ke orang tuapun, khawatir malah tambah keliru.

Makin keren, kan, kalau copywritingnya ditambah dengan teknik ini. Bakalan gak bisa tidur calon pembeli Anda sebelum transfer, hehe..

.

Ini 3 Cara yang Saya gunakan untuk menyapa PROSPEK atau pembaca copywriting Saya:

√ Prospek Posisi 1 : Gunakan kata “Saya”, Untuk Menginstal Suara/Self Talk.

√ Prospek Posisi 2 : Gunakan kata “Anda” Untuk Mempengaruhi Dia secara Langsung

√ Prospek Posisi 3 : Gunakan kata “Mereka, Orang-orang” Untuk Mempengaruhi secara tidak langsung.

Berkesan Objektif, tidak hard selling.

.

Ini juga yang sering Saya lakukan dalam membuat copywiriting agar KOMPETITOR hilang dari pikiran market Saya. Awas, jangan dibocorkan, ya.. Tapi, jangan-jangan kompetitor ada di grup ini juga, haha..

Saya memegang PRINSIP bahwa bisnis yang ada kompetitornya adalah bisnis yang bagus, artinya ada pasarnya. Namun tidak kita pungkiri bahkwa adanya kompetitor membuat prospek sulit memutuskan. Setuju?

Oleh karena itu teknik ini dibutuhkan.

Lenyapkan adanya kompetitor dipikiran dengan menggunakan Submodality. Ini kuncinya:

√ Hindari menyebut nama kompetitor.

√ Gunakan kata kunci berikut : Hentikan, lupakan, datang dan pergi, untuk waktu yang singkat, tiba-tiba hilang, mengerut, memudar, sia-sia, sulit dibayangkan, sulit ingat, dll.

CONTOH: Persaingan Bengkel

Untuk saat ini, Anda boleh melupakan sepenuhnya adanya banyak bengkel motor diluar sana. Kualitas yang tidak standar membuatnya terlalu sulit untuk dibayangkan hasilnya.

.

Bagi yang masih bingung, coba baca lagi pelan-pelan. Lalu coba buat copywiritng untuk penawaran dalam bisnis Anda. Nanti kita diskusikan di kolom komentar.

Selamat Praktek!

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply