MODUL 15 – 6 FAKTOR PERSUASI DALAM COPYWRITING

MODUL 15 – 6 FAKTOR PERSUASI DALAM COPYWRITING

Persuasi adalah komunikasi yang digunakan untuk mempengaruhi dan meyakinkan orang lain.

Melalui persuasi setiap individu mencoba berusaha mempengaruhi kepercayaan dan harapan orang lain.

Persuasi pada prinsipnya merupakan upaya menyampaikan informasi dan berinteraksi antar manusia dalam kondisi di mana kedua belah pihak sama-sama memahami dan sepakat untuk melakukan sesuatu yang penting bagi kedua belah pihak. ( Wikipedia )

 

Berikut 6 Faktor Persuasi dalam Copywriting :

  1. RECIPROCITY (TIMBAL BALIK)

Simplenya gini, jika ada orang memberikn sesuatu kepada Anda, maka Anda ingin juga membalas dengan memberikan sesuatu yang sama atau bahakan lebih. Inilah pokok bahasan dari Faktor Timbal Balik Anda bisa menggunakan Faktor Timbal Balik ini dalam penjualan, ada beberapa cara antara lain:

√ Berbagi informasi tarkait produk yang Anda akan jual.

√ Edukasi ke calon customer tentang produk Anda

√ Berikan Ebook GRATIS!

√ Kasih GRATIS SAMPLE.

√ Berikan FREE TRIAL

√ Seminar GRATIS

√ Konsultasi Bisnis GRATIS

√ Webinar Gratis

√ Dll.

 

Tujuan dari aktifitas diatas adalah memberikan rasa enggan kepada prospek Anda. Jika mereka sudah banyak menerima banyak dari Anda, maka seandainya Anda menjual produk mereka juga pasti akan beli karena ada rasa “Nggak Enak” tadi. Namun pastikan Anda jangan langsung jualan produk yang mahal, setelah mereka dapat banyak GRATISAN, Anda jual yang murah dulu, bertahap. Itulah pentingnya merencanakan strategi penjualan.

.

  1. COMMITMENT & CONSISTENCY (KOMITMEN & KONSISTENSI)

Manusia itu cenderung berpola dan keras kepala untuk sesuatu yang telah mereka yakini, benar atau salah. Sekali ada isu tertentu yang sudah terprogram di pikiran bawah sadar mereka akan bergerak, action, berjalan lurus sesuai isu tersebut.

Dalam sebuah persuasi, tugas kita adalah bagaimana kita berusaha untuk membantu mereka membenarkan pendapat kita dengan proses untuk mencapai >>> ITU BENAR <<< sehingga diikuti meskipun bertentangan dengan prinsip mereka atau banyak kekurangannya.

Faktor Komitmen dan Konsisten ini bisa Anda terapkan dalam copywriting Anda ketika jualan, misalnya: Buatlah Pre Launch dahulu sebelum Launching sebuah produk. Bikin WORO-WORO biar orang banyak yang tahu, jika Anda menggunakan Facebook buatlah seunik mungkin agar banyak yang SHARE. Tujuan woro-woro Pre Launch agar target market kenal dulu dengan produk Anda. Jangan tiba-tiba Langsung Launching, bikin orang bingung dan bisa-bisa nggak ada yang respon penawaran Anda.

√ Silahkan LIKE dan KOMENT, Sebelum SHARE….

√ Coba SHARE sebelum BELI!

√ Jual yang Murah Dulu, Baru yang Mahal

√ Bangun interaksi dengan mereka dengan bertanya,

misal :

– “Adakah yang tertarik dengan….?”

– “Siapa yang MAU Ebook…..? ”

– “Kira-kira kalau saya menghadirkan produk ini, apakah Anda MAU?”

– “Menurut Anda, berapakah harga yang pantas untuk produk ini? ”,

– dll.

.

  1. SOCIAL PROOF (BUKTI SOSIAL)

Social Proof adalah fenomena psikologis di mana orang menganggap tindakan orang lain dalam upaya untuk mencerminkan perilaku yangbenar untuk situasi tertentu dimana situasi itu bisa benar bisa juga salah (Sumber: Wikipedia)

Efek social proof lebih kelihatan menonjol dalam situasi yang tidak jelas dimana banyak bertebaran informasi atau produk bodong sehingga orang ragu untuk membeli atau berpartisipasi.

 

Ketika seseorang berada dalam situasi di mana mereka tidak yakin apakah sesuatu itu benar atau salah, mereka akan sering melihat ke seberapa banyak orang lain atau kelompok yang telah memberikan respon terhadap situasi tersebut untuk mendapatkan insight tentang perilaku yang benar.

 

INGAT! Orang PERCAYA apa kata orang, Bukan kata PENJUAL!

 

Karenanya Faktor Bukti Sosial ini bisa Anda aplikasikan dalam copywriting Anda, seperti:

√ Membuat ramai disekitar tempat atau toko Anda, agar orang melihat keramaian tersebut kemudian datang ke toko Anda.

√ Sebutkan berapa banyak orang yang telah menggunakan produk Anda. Tunjukkan sebanyak mungkin testimoni, “Telah Terjual Sebanyak…”, “Telah Dibeli Oleh….”, “Telah Digunakan…”, “Telah Didownload…”

√ Sampaikanlah informasi terkait data dan statistik produk yang Anda jual.

√ Sematkan kata Best Seller atau Produk Terlaris pada produk yang benar-benar laris dipasaran, tujuannya agar orang lain mau mencobanya.

** Tips Testimoni **

√ Jika Anda berjualan produk fisik dan belum pernah ada sama sekali yang beli produk Anda, maka bagaimana mendapatkan testimoni nya? Palsu?

√ Jangan sekali-kali bohong….. Minta untuk mencoba orang-orang terdekat dan minta testimoni.

√ Diskusi dengan seseorang yang pernah memakai produk serupa dan tanyakan hasil nya, lalu jadikan testimoni

√ Buat kuis kecil-kecilan dan siapa yang beruntung dapat mencoba gratis produk lalu minta testimoni.

.

  1. LIKING (RASA SUKA)

Ketika pembaca Anda udah merasa klik dengan Anda, ikatan kuat sudah terjalin maka mereka dengan mudah jatuh ke pelukan Anda. Mereka akan respek dengan Call To Action Anda, dari sana lah raport kelulusan Anda terbentuk. Menilik apa yang di katakan Dr. Robert B Cialdini dalam The Pshycology of Persuasion :

“Orang akan lebih mudah mengatakan “YA” kepada mereka yang sudah di kenal dan disukai.”

 

Karenanya Faktor Liking ini bisa diterapkan dalam Copywriting Anda, dengan cara:

√ Katakan apa yang meraka katakan. Ulangi kata-kata mereka. Contek dan tiru setiap kata yang mereka ucapkan, serta intonasi, gerakan mereka, dan kecepatan bicaranya. Teknik ini lebih dikenal sebagai Matching and Mirorring.

√ Jadilah penjual yang ramah, layani mereka dengan service terbaik Anda. Bangun kedekatan dan ciptakan empati dengan calon pembeli.

√ Endorse public figure yang dikenal banyak orang dan disukai oleh mereka.

√ Sewa model yang disukai oleh target pasar, dan jadikan Brand Ambassador dalam bisnis Anda.

.

  1. AUTHORITY (OTORITAS)

Salesman Terbaik Di Dunia adalah REKOMENDASI. Atau dalam istilah lain yaitu MLM (Marketing Lewat Mulut), hehe…

Rekomendasi adalah Raja Marketing, dan Raja dari Raja nya marketing adalah AUTHORITY, tidak lah kualitas dari sebuah rekomendasi dilihat kecuali Pemberi rekomendasi memiliki authority yang tinggi.

Itulah kenapa authority sangat sangat dan sangat penting untuk percepatan bisnis dan membawa bisnis Anda ke next level.  Authority adalah KEKUATAN untuk mengontrol, menghakimi, dan melarang tindakan orang lain (Wikipedia)

Manusia cenderung patuh terhadap orang atau figur yang memiliki otoritas yang kuat. Kata-kata atau perintah seseorang yang kita anggap mempunyai otoritas akan lebih diterima dan dipercayai tanpa ragu dan banyak tanya.

Perintah atau pesan yang disampaikan oleh seseorang yang memiliki otoritas lebih bisa diterima dengan mudah dan cepat daripada daripada orang lain, meskipun ini pesan atau perintahnya sama. Dalam dunia marketing, authority lebih dikenal dengan: USAHA USAHA yang kita lakukan untuk meningkatkan kepercayaan Pasar sehingga mau melakukan apa yang kita mau mereka melakukannya.

Karenanya Faktor Otoritas ini bisa Anda aplikasikan dalam Copywriting Anda, dengan cara:

√ Anda dapat menggunakan otoritas Anda sendiri atau otoritas orang lain untuk mempromosikan produk Anda. Mintalah support dari orang-orang berpengaruh seperti public figure, internet marketer, dan trainer untuk back up produk Anda.

√ Gunakanlah Gelar, Jabatan Anda atau apapun itu agar orang lain menerima pesan dan perintah Anda.

√ Tunjukkanlah hasil penelitian, testimoni dari para ahli, untuk mendukung otoritas Anda.

.

  1. SCARCITY (KELANGKAAN)

Pernah gak Anda mengalami sesak dan frustasi ketika melihat sebuah penawaran yang tinggal beberapa saat lagi akan ditutup?

Atau harga diskon yang akan naik dalam waktu singkat? Atau bonus-bonus yang akan hilang jika waktu penawaran special habis? Itu lah yang dinamakan… SCARCITY…

 

Jadi scarcity dalam persuasi adalah :

Setiap PEMBATASAN yang diletakkan pada sebuah penawaran (Produk fisik atau non-fisik) dengan memunculkan perasaan tertekan pada pribadi konsumen yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan.

Sesuatu akan menjadi semakin menarik ketika jumlahnya terbatas. Kita ada kecenderungan ketika membeli sesuatu dengan cepat saat kita mendengan bahwa barang atau produk itu akan habis waktu penawarannya atau jumlahnya tinggal sedikit.

 

Karenanya Faktor Kelangkaan ini bisa Anda gunakan dalam Copywriting Anda:

√ Berikan DISKON, Hadiah, Bonus, dengan batas waktu tertentu.

√ Berikan Penawaran dengan jumlah stok, jumlah produk, dan akses membeli yang terbatas.

 

Bagaimana, apakah Anda sudah paham? Jadikan 6 Faktor ini sebagai panduan Anda dalam membuat script copywriting.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply