MODUL 8 – 17 TEKNIK PENAWARAN MEMATIKAN YANG TERBUKTI MENGHASILKAN

MODUL 8 – 17 TEKNIK PENAWARAN MEMATIKAN YANG TERBUKTI MENGHASILKAN
Businessmen giving files to his female colleague in an office

Sekarang kita akan mempelajari cara menciptakan penawaran yang ampuh sehingga orang langsung segera action untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Inilah 17 Teknik Penawaran yang sudah dipraktekkan dan Terbukti Menghasilkan :

.

  1. SISA DIKIT LAGI

Teknik ini efektif dilakukan jika stok produk Anda memang tinggal sedikit. Artinya kita harus jujur mengatakan yang sebenarnya. Nah, pertanyaannya sedikit itu seberapa kan nggak tahu, betul? Disinilah Anda harus pintar-pintar dalam melakukan promosi. Jika stok di gudang dibawah 10 pcs, maka sebutkanlah angkanya, misal “Sisa 9 pcs lagi”, “Tinggal 6 pcs lagi”, “Sisa 7 buah lagi”. Namun jika stok di gudang diatas 10pcs, maka jangan sebutkan angkanya. Bilang saja, “Sisa Sedikit Lagi”, “Tinggal Dikit Lagi”, dengan seperti ini maka akan menimbulkan effek ambigu bagi calon customer. INGAT! Kuncinya jangan berbohong, sip?

.

  1. BONUS EKSKLUSIF

Teknik ini dapat Anda aplikasikan ketika akan menjual produk terbaru Anda, agar hasilnya efektif pakai cara Pre-Order saat menggunakan teknik ini. Pastikan Bonus yang Anda keluarkan Eksklusif dan nilainya jauh melebihi harga produk yang Anda jual. Tujuannya tidak lain membuat orang merasa “bodoh/goblok” ketika menolak penawaran Anda. Anda bisa pelajari lagi bagaimana cara mencari Bonus yang mahal atau kesannya mahal atau bahkan GRATIS dalam materi sebelumnya.

.

  1. DOUBLE BINDING

Teknik ini menggunakan pertanyaan yang mana si calon customer tidak akan menjawab “TIDAK atau NGGAK” terhadap penawaran Anda. Contohnya:

 Mau yang ENAK atau yang SEGER?

 Mau yang BESAR atau yang KECIL?

 Mau yang warna MERAH atau warna KUNING?

 Jam tangannya yang SPORTY atau yang FORMAL aja?

.

  1. BUAT DAFTAR CHECKLIST

Teknik ini bisa Anda pakai untuk memberitahu pembeli bahwa ada produk lain yang harus mereka beli. Inilah tujuan dibuatnya Daftar Checklist adalah untuk meningkatkan rata-rata penjualan produk atau jasa Anda.

.

  1. JUAL RUGI

Teknik penawaran jual rugi ini memberikan kesan bahwa Anda dan konsumen merasa rugi jika tidak membelinya saat ini juga. Jadi pembeli dan penjual sama-sama rugi sebab si penjual rugi karena nggak dijual lagi sedangkan pembeli akan merasa rugi karena nggak beli saat itu, contohnya:

 Produk Ini Hanya Dijual Sekali Seumur Hidup

 Seminar Copywriting Pertama dan Terakhirnya Diadakan di Bandung

 Buku Ini Hanya Akan Dicetak 1000 Eks Saja

 Produk Ini Hanya Dijual Selama 7 Hari Saja

 Produk Ini Tidak Akan Diproduksi Lagi”

[PRINSIP] Buat calon pembeli harus membeli produk saat itu juga jika tidak dia akan menyesal selamanya.

Namun jika Anda menggunakan teknik ini pastikan produk yang akan Anda jual harus benar-benar eksklusif dan berkualitas, jika tidak maka jangan pakai teknik ini. Karena teknik ini hanya dipakai ketika Anda ingin meledakkan penjualan seketika dan langsung berhenti, sip?

.

  1. QUOTE TOKOH TERKENAL

Teknik ini hampir sama dengan testimoni, bedanya jika testimoni membutuhkan persetujuan dari orang yang menggunakan produk kita, maka teknik memakai quote tokoh ini tidak perlu persetujuan. Anda tinggal mengambil salah satu quote yang berkaitan dengan produk yang Anda jual. Misalkan ketika Anda akan jual Desain Pomosi, Anda bisa cantumkan quote, menurut John Media, Seorang penulis buku Brain Rules, ia berkata bahwa orang akan mengingat iklan kita hingga 10%. Angka tersebut terus meningkat sampai 65% apabila menambahkan unsur gambar visual yang menjual. Saat Anda mencantumkan kata-kata dari orang terkenal mendadak calon customer Anda akan lebih yakin dengan produk Anda dibandingkan Anda sendiri yang mengatakannya. Jika mereka sudah yakin dengan produk Anda maka kemungkinan closing akan besar.

.

  1. PRODUK BERSERI

Teknik ini membuat orang untuk mengoleksi produk yang Anda buat. Yang paling sering memakai teknik ini adalah komik dan novel. Pertanyaannya kenapa Anda lebih suka koleksi komik atau novel? Karena, Anda penasaran dengan jalan ceritanya. Teknik ini pula yang bisa Anda pakai untuk mempromosikan produk Anda. Buatlah produk berseri seperti Ustadz Yusuf Mansur dengan Trilogi Tauhid dan Pentalogi Twitbooknya , begitu pula dengan Ippho Santosa dengan buku Pentalogi Rezekinya.

Kedua tokoh tersebut berhasil menjual ribuan produk berserinya dalam waktu singkat, bahkan buku 7 Keajaiban Rezeki milik Ippho Santosa masih menjadi Mega Best Seller Indonesia sampai saat ini. Ketika Anda mengunakan teknik ini, kadang orang membeli produk Anda bukan karena butuh lagi melainkan hanya ingin mengoleksi produknya saja.

.

  1. HANYA BERLAKU HARI INI

Pernahkan Anda ke swalayan atau minimarket setelah berbelanja kemudian mendapatkan voucher diskon atau voucher belanja yang hanya berlaku untuk hari tertentu saja. Tujuan teknik ini tentu saja untuk meningkatkan rata-rata penjualan. Teknik ini sangat cocok untuk Anda yang mempunyai target market wanita, karena mereka suka denger kata Voucher Belanja atau Diskon.

.

  1. SURPRISE atau KEJUTAN

Teknik ini sangat efektif bagi Anda ayang memiliki pasar kaum hawa karena efek viralnya akan tinggi. Maka pastikan jika menggunakan teknik ini pelanggan Anda akan merasa puas dengan Hadiah Kejutan yang Anda berikan yang menjadikan mereka mempromosikan produk Anda dengan senang hati.

.

  1. UPGRADE KEANGGOTAAN

Teknik ini bertujuan untuk mengunci target agar beli produk kita secara terus menerus. Karena dengan cara Upgrage Keanggotaan secara tidak langsung Anda juga harus memperlakukan mereka secara spesial, jika mereka sudah diberlakukan dengan spesial maka kemungkinan besar mereka akan beli lagi, lagi, dan lagi. Pastinya pada waktu Anda menawarkan untuk Upgrade Keanggotaan Anda juga harus memberi keuntungan-keuntungan bagi mereka yang memutuskan untuk menjadi member Anda.

.

  1. BESOK HARGA NAIK

Teknik ini sangat ampuh untuk mengatasi penundaan yang biasa dilakukan calon pembeli Anda. Dengan teknik ini Anda seolah menekan mereka untuk membeli saat itu juga, sebab semakin menunda, orang akan membayar lebih mahal. Karena salah satu penyakit pembeli yaitu suka menunda. Misalnya, Entar aja deh, besok aja belinya, tanya suami dulu, kapankapan, dll. Yang terpenting jika Anda menggunakan teknik ini, maka harus KOMITMEN. Artinya, jika sudah melewati batas waktu dan harganya naik maka Anda naikkan harga, jangan jadikan teknik ini sebagai bualan saja. Kalau Anda tidak komitmen maka pelanggan akan meremehkan iklan Anda berikutnya.

.

  1. GRATIS ONGKOS KIRIM

Teknik ini sangat ampuh digunakan ketika Anda akan mempromosikan produk terbaru Anda dan efektif untuk menjangkau target market yang jauh dari jangkauan Anda misalkan di luar pulau di Indonesia. Namun saat Anda menggunakan teknik GRATIS ONGKIR ini pastikan Anda sudah memikirkan dan memperhitungkan secara matang profit bisnis yang nantinya akan Anda dapatkan serta ongkos kirim maksimal yang akan diberikan. Jangan sampai dengan teknik Ongkir Gratis ini omset Anda tinggi namun, profit Anda kecil atau bahkan tidak ada karena termakan oleh ongkir. Karena tujuan dari teknik ini tidak lain untuk memperbesar Persentase Closing, maka buatlah penawaran Gratis Ongkir ini dengan memperhitungkan secara matang.

.

  1. UPLOAD FOTO, DAPAT VOUCHER

Teknik ini efektif digunakan untuk Anda yang mempunyai bisnis dalam bidang kuliner. Misalnya pengunjung dari tempat makan Anda foto bersama makanan yang ia beli lalu mengupload fotonya pada media sosial kemudian mention akun Anda atau tempat makan Anda. Maka ia akan langsung mendapatkan kupon atau voucher berupa diskon, atau produk Gratis di tempat makan Anda yang bisa ditukarkan sewaktu-waktu. Dengan cara seperti ini akan terjadi efek viral marketing yang luar biasa dan mendadak tempat makan Anda akan menjadi ramai.

.

  1. VOUCHER ROMBONGAN

Teknik voucher rombongan ini bertujuan agar pengunjung balik lagi atau repeat order. Caranya tentu dengan membagikan voucher ini ke setiap pengunjung atau pembeli yang datang, voucher yang dibagikan tidak hanya satu melainkan banyak karena nanti harapannya voucher tersebut akan dibagikan kepada orang lain seperti teman atau sahabat pengunjung tersebut. Dengan cara seperti ini akan menjadikan efek referal karena voudher tersebut akan menyebar ke banyak orang. Agar efektif Anda bisa memberikan batasan waktu penggunaan voucher rombongan ini. Tentu saja dengan teknik ini akan meledakkan omzet Anda seketika.

.

  1. COBA SEBELUM BELI

Teknik ini cocok untuk target market anak-anak. Ada teman saya seorang yang mempunyai produk CD Edukasi, dia mempunyai strategi marketing Free Trial untuk produknya yaitu dengan memberikan CD Edukasi kepada murid-murid PAUD dan TK untuk di coba dirumah. Setelah 3 hari jika mereka suka silahkan beli, jika tidak suka boleh dikembalikan GRATIS. Terbukti dengan strategi tersebut omzetnya meledak. Bagaimana cara menggunakan teknik ini jika Anda bermain online? Contoh DM Labs punya Ko Denny Santoso yang memberikan akses gratis selama 7 hari, Anda bisa mempelajari tentang Strategi Digital Marketing didalamnya, jika tertarik dengan materinya Anda bisa memperpanjang dengan membayar uang bulanan, namun jika tidak berminat Anda bisa berhenti tanpa dipungut biaya apapun. Ada lagi GetResonse, salah satu layanan email marketing terbesar di dunia ini memberikan akses untuk mencoba Autoresponder selama 30 Hari GRATIS, terbukti dengan strategi tersebut GetResponse mampu menjaring banyak prospek baru. Tercacat hingga saat ini GR mempunyai lebih dari 350.000 klient, luar biasa bukan?

.

  1. PAKET MURAH MERIAH

Jika Anda pernah berkunjung ke KFC atau A&W, Anda akan lihat daftar menu-menu pada bagian atas. Apakah Anda pernah atau bahkan sering memesannya? Jika Anda sering memesannya berarti Anda korban dari strategi tersebut,

hehe….Namun apakah hanya menu tersebut yang mereka jual, tentu tidak. Masih ada banyak menu lain yang harganya lebih mahal. Menu paket murah tersebut bertujuan untuk Memperbesar Rata-rata Pembelian. Dengan adanya paket tersebut orang akan membandingkan harga dan manfaat yang diperoleh. Strategi ini bisa dikombinasikan dengan teknik Cross Selling yaitu menawarkan menu lain karna terbukti dengan teknik ini profit makanan cepat saji tersebut naik 30%, gimana jadinya jika mereka tidak menawarkan menu yang lain? Tentu saja mereka akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan profit tambahan.

.

  1. FREE SAMPLE

Ketika Anda menggunakan teknik ini ada 2 alternatif produk untuk dicoba gratis oleh pembeli yaitu Gratis Produk dalam Ukuran Kecil atau Ukuran Normal. Salah satu yang menggunakan teknik ini adalah Kebab Turki Baba Rafi ketika membuka outletnya di Mall. Mereka membuat kebab kemudian membaginya menjadi 5-6 potong dan membagikan ke pengunjung yang akan masuk mall, harapannya ketika mereka merasakan kebabnya enak akan mampir untuk membeli kebab sebelum mereka pulang. Strategi tersebut terbukti berhasil mendapatkan banyak prospek baru dan bisa diduplikat untuk cabang-cabang yang lain.

Setelah Anda mengetahui 17 Tipe Penawaran tersebut, silakan Anda pilih teknik mana yang sesuai dengan produk Anda. Sebelum copywriting Anda di publish, silahkan posting di grup ini agar mendapat masukan dari temen-temen yang lain. Sip?

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply