MODUL 4 – 8 ELEMENT PENTING COPYWRITING

MODUL 4 – 8 ELEMENT PENTING COPYWRITING

Setelah Anda mendapatkan TARGET MARKET kemudian memasukkan mereka yang dalam KOLAM IKAN yang sudah Anda buat, sekarang saatnya ke materi inti tentang COPYWRITING. Seperti judul materi diatas, kali ini Anda akan mempelajari tentang 8 Element Penting dalam Copywriting. Kenapa materi ini begitu penting dalam mentoring? Dengan mengetahui formula dasar ini, Anda akan mampu menentukan elemen mana saja yang diperlukan dalam promosi Anda, sebab masing-masing media memiliki susunannya sendiri.
Inilah 8 Elemen Penting Copywriting!
1. HEADLINE

Headline adalah bagian terpenting dari copywriting Anda. Jika dalam 3 detik pertama dari Headline iklan Anda tidak bisa menyentuh emosional pembaca maka bisa dipastikan promosi Anda gagal atau kalau pun terjadi penjualan itu konversinya kecil. Seperti yang Anda tahu bahwa Headline adalah Iklannya iklan Anda. Menurut penelitian bahwa di amerika 80% orang membeli koran karna tertarik dengan Headline dalam cover depan koran tersebut. Bayangkan jika Headline dalam koran tersebut dibuat asal-asalan, dilihat orang pun tidak apalagi membelinya.
Ada penelitian yang menarik juga bahwa ternyata orang memutuskan membeli sesuatu bukan dari apa yang mereka suka melainkan dari kalimat utama atau headline dari produk tersebut. Dan keputusan tersebut terjadi sangat cepat yaitu sekitar 3 – 8 detik, maka buatlah headline semenarik mungkin dari iklan Anda. Nanti akan ada pembahasan lebih detail tentang Headline. Tugas Anda nanti adalah membuat headline dari promosi Anda dan nanti kita akan evaluasi bersama. Asyik?
2. PENAWARAN

Topik terpenting dalam bisnis bukan soal seberapa besar modal yang Anda keluarkan, seberapa pintar Anda mengelola keuangan, atau bagaimana mencari tempat strategis untuk bisnis Anda melainkan adalah bagaimana membuat Penawaran semenarik mungkin sehingga apabila orang menolak penawaran Anda kesannya bodoh dan menyesal. Orang-orang yang membeli produk Anda bukan hanya karena mereka suka atau membutuhkannya tapi bisa jadi karena meraka tertarik dengan penawaran Anda. Karena penawaran yang menarik itulah yang membuat mereka membeli produk Anda.
INGAT! Orang bukan membeli produk Anda, melainkan membeli SOLUSI atas masalah yang sedang mereka hadapi melalui produk Anda. Dari Buyer Persona Cheklist yang telah dibuat, Anda akan paham tentang detail produk Anda. Jawaban-jawaban Anda pada modul Buyer persona akan menjadi bahan untuk membuat penawaran menarik dari produk Anda dalam bentuk script copywriting yang ciamik. Bayangkan… jika seandainya Anda telah memiliki target market yang aduhai dan penawaran dalam bentuk copywriting yang ciamik, DIJAMIN Anda akan banjjir order seketika! Aamiin. Pada materi selanjutnya akan dibahas lebih dari 10 Tipe Penawaran/Promosi yang Mematikan!
3. ALASAN

“Alasan yang paling sering membuat orang sering membuat iklan gagal adalah: pengiklan lupa menjelaskan mengapa orang-orang harus membeli produk atau jasa Anda.” (John Caples) Pebedaan antara orang jualan (selling) dan bualan (telling) terletak pada kemampuan Anda saat menjelaskan point WHY daripada WHAT. Point-point ini sebenarnya sudah dijelaskan pada materi Customer Persona Cheklist, kita akan review lagi.
Inilah point-point yang harus Anda lakukan untuk meyakinkan pembaca iklan Anda:
 Kenapa mereka harus percaya kepada Anda?  Kenapa produk Anda lebih baik dari pada produk kompetitor yang sejenis?  Kenapa mereka harus membeli produk Anda?  Kenapa mereka harus membeli produk Anda sekarang?  Apa kerugian mereka jika menunda untuk membeli sekarang?  Kenapa ……….?
Jika Anda ingin membuat pembaca iklan Anda yakin dengan penawaran Anda, maka Anda harus membuat ALASAN KUAT kenapa mereka harus membeli produk Anda sekarang, tanpa menunda besok atau kapan-kapan.
4. BONUS

Pernahkan Anda membeli produk bukan karna Anda ingin produk tersebut melainkan Bonusnya? Pastinya sering kan, apalagi sekarang sedang rame produk digital yang mana para affiliate produk tersebut berlomba-lomba untuk mendapatkan sales terbanyak untuk dapat reward. Salah satu strategi para affiliate tersebut adalah dengan memberikan Bonus yang kadang nggak wajar. Karna dengan adanya BONUS akan semakin menguatkan pembaca untuk membeli produk Anda.
Ada setidaknya 3 hal yang harus Anda perhatikan dalam memberikan Bonus:
 ADA NILANYA Gunakan Kata “Senilai atau Seharga Rp….” dalam Bonus yang Anda berikan. Misalkan “Bonus Ebook GRATIS Cara Cepat dan Mudah Menurunkan Berat Badan dalam Waktu 30 Hari Tanpa DIET senilai Rp 149.000”  RELEVAN Ada hubungannya dengan produk yang dijual. Misal jual Handphone Bonus Softcase, jual jilbab Bonus bross cantik. Namun bisa juga Anda memberikan Bonus yang tidak relevan, contoh lengkapnya ada di materi selanjutnya.  BERKUALITAS Berikanlah Bonus yang benar-benar berkualitas agar customer juga puas. Jangan sampai dengan Bonus tersebut customer malah kecewa, itu akan jadi boomerang buat Anda, jadi pastikan jelaskan dahulu dengan detail Bonusnya agar customer paham. Contoh-contoh Bonus dapat Anda dilihat pada modul 12 Cara Ampuh Meningkatkan Nilah Tambah.

5. TESTIMONI

Testimoni sangat efisien untuk meyakinkan pembaca agar membeli produk Anda, karena bisa jadi orang tidak kenal Anda bahkan tidak tau produk Anda, itu akan susah menjual kepada calon customer Anda. Untuk meyakinkan pembeli maka gunakanlah testimoni dari customer sebelumnya yang telah mencoba dan membeli produk Anda.
Jika produk Anda baru akan launching maka berikan produk Anda kepada orang-orang yang authoritinya bagus misal artis, trainer, motivator, dll intinya mereka yang sudah punya fans, kemudian mintalah testimoninya. Semakin banyak testimoninya, semakin orang akan percaya dengan produk yang Anda jual. Namun dalam meminta dan menggunakan testimoni tidak sembarangan, ada caranya. Berikut tips meminta dan menggunakan testimoni :
 Mintalah kepada pelanggan yang sudah beli atau pakai produk Anda. Ketika minta tastimoni gunakan kalimat yang tepat. Jangan salah tanya, “Sis, boleh minta testimoninya?” karna pertanyaan semacam ini punya 2 jawaban bisa “Boleh” atau “Tidak”, iya seneng kalo jawabannya Boleh, kalo Tidak, kan bisa kecewa. Maka dari itu gunakanlah kalimat yang tepat, misal “Apa yang bpk/ibu rasakan ketika memakai produk saya?” atau “Apa manfaat yang bisa mba/mas petik setelah membaca buku tersebut?” dll.  Gunakan testimoni yang positif dan spesifik agar orang benar-benar yakin bahwa testimoni tersebut benar terjadi. Misalnya, “Berat badan saya turun 8 kg dalam sebulan”, “Kulit saya kembali halus mulus hanya dalam 3 hari saja.”  Sertakan nama, foto, screenshoot atau gambar. Orang akan lebih percaya hasil dalam bentuk foto atau gambar yang disertai nama daripada hanya kata-kata saja.

6. GARANSI

Garansi selain bertujuan untuk menguatkan produk Anda juga untuk menghancurkan keraguan orang untuk membeli produk Anda. Ketika membuat garansi produk, Anda harus menyentuh rasa frustasi terbesar yang dialami oleh target market Anda. Pahami benar-benar perasaan mereka, Anda bisa lihat keseharian mereka di sosial media. Kasih tahu mereka bahwa produk Anda akan menjadi solusi atas masalah yang sedang mereka hadapi. Saat memberikan garansi pastikan Anda juga melihat kualitas produk Anda, ini penting karena Garansi harus disesuaikan dengan produk atau jasanya, bukan asal memberikan garansi. Jika garansinya asal-asalan bisa menjadi boomerang tersendiri bagi produk Anda, karena bisa terjadi klaim atas garansi tersebut walaupun pada kenyataannya sebagian besar orang tidak mengklaim garansi tersebut.
Setidaknya ada 5 Jenis Garansi yang bisa Anda pakai untuk menguatkan suatu produk yang harus Anda pahami, berikut ulasannya:
Tipe 1. Money Back Guarentee
Hal yang paling ditakutkan ketika orang membeli sesuatu adalah penyesalan jika ternyata apa yang didapat tidak sesuai dengan uang yang dikeluarkan. Maka cara paling ampuh untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan ketakutan tersebut adalah dengan cara memberikan Money Back Guarentee atau Garansi Uang Kembali.
Inilah contoh-contoh bentuk Money Back Guarantee yang bisa Anda langsung contek :
 100% Money Back Guarantee  Double Money Back Guarantee  100% Money Back Guarantee + Hadiah yang diterima boleh diambil/tidak perlu dkembalikan.  100% Garansi Uang Kembali Jika Seminar Ini Tidak Memberikan Dampak Posotif Dalam Hidup Anda.  100% Garansi Uang Kembali tanpa Kuitansi, tanpa Ditanya.  100% Garansi Uang Kembali Ongkos Kirim Barang Kembali Kami yang Tanggung.  100% Uang Kembali Jika Dalam 30 hari Aplikasi Tidak Bisa dipakai/rusak.  Apabila Anda menemukan ada yang lebih murah dari kami, akan kami ganti selisihnya.  Apabila Anda menemukan ada yang lebih murah dari kami, akan kami ganti selisihnya 2x lipat.
 Investasi Kembali 100% Jika Anda Tidak Tembus Omzet 100Juta.
Tipe 2. Rusak Ganti Baru
 Handphone Blackberry Garansi TAM, Rusak Ganti Baru.  Pisau Ginsun Garansi Seumur Hidup, Rusak Ganti Baru.  Powerbank Changhong Garansi 1 Tahun, Rusak Ganti Baru.  Tupperware Lifetime Warranty, Rusak Ganti Baru.
Tipe 3. Garansi Rusak Servise Gratis
 Handphone Nokia memberikan Garansi Servis Gratis.  Powerbank Changhong, Setelah lewat 1 Tahun memberikan Servis Gratis.  Beli Sepeda Motor Honda Garansi Servise Gratis Selama 5 Tahun.
Tipe 4. Garansi Sparepart
 Beli Produk SHARP Garansi Sparepart 12 hingga 120 bulan.  Kulkas LG 2 Pintu Garansi Sparepart berupa Kompressor selama 10 tahun.
Tipe 5. Garansi Servise + Sparepart Gratis
 Mobil BMW terbaru Garansi Servise, Sparepart Gratis, Oli Gratis, selama 5 tahun pemakaian, ditambah test drive gratis dan gratis diantar sampai rumah.
P.S : Berikan GARANSI yang powerfull pada produk yang Anda jual. Pastikan garansi tersebut berbeda dengan kompetitor karena bila sama kama itu bukan nilai tambah Anda lagi.
7. CALL TO ACTION

Tujuan Call To Action adalah mendesak pembaca agar segera melakukan tindakan membeli atau memesan produk/jasa Anda saat itu juga. Jika Call To Action Anda lemah, maka orango-orang hanya menikmati tulisan dalam promosi Anda, namun mereka tidak akan membelinya. Lalu bagaimana caranya agar CTA Anda kuat dan menggerakan orang untuk segera action?
Berikut tips dalam menulis Call To Action:
 Tulislah CTA lebih dari satu kali. Ini akan memberikan efek hipnosis. Mungkin Anda akan merasa bosan, namun tidak dengan pembaca. Secara bawah sadar mereka akan suka dan ujung-ujungnya mereka akan beli produk/jasa Anda.  Satu perintah dalam satu penawaran. Jika CTA Anda adalah meminta mereka menghubungi nomor yang Anda cantumkan, maka mintakan mereka melakukan saai itu juga. Dan berikan CTA yang sama dalam satu penawaran, jangan berbeda-beda. Bikin Puyeng!  Ini yang penting, To The Point. Jangan banyak basa-basi, langsung aja ke pointnya yaitu suruh mereka untuk beli sekarang juga.
Berikut Saya beri contekannya agar Anda makin mudah membuatnya:
 Beli Sekarang!  SMS Sekarang!  Download Sekarang!  Miliki Sekarang Juga!  Invite PIN BB xxxxxxxx  KLIK DISINI  Gabung Group Facebook Disini  Lakukan hari ini!  Jangan ragu-ragu lagi, putuskan sekarang!  Apalagi yang Anda tunggu? SMS sekarang juga!  Dapatkan katalog Gratis kami sekarang!  Jangan sampai kelewatan!  Berminat?  Penasaran?

8. N.B = NOTA BENE

Anda yang sering menulis surat pasti tentu tidak asing dengan istlah N.B ini. Banyak orang yang melupakan element copywriting yang satu ini. Nota Bene merupakan element terpenting ke 2 setelah Headline, karena keberadaannya memaksa orang embaca iklan Anda untuk segera Action sekarang juga atau untuk menguatkan CTA Anda. Dalam N.B sebaiknya Anda cantumkan kenapa pembaca harus mengambil keputusan sekarang juga, tidak menunda besok atau kapankapan.
Berikut 3 tips dalam membuat N.B :

TIPS 1 – SOCIAL PROOF
Tunjukkan berapa orang yang telah atau membeli produk Anda. Kasih tahu pembaca jika mereka sudah puas dengan produk/jasa Anda.
TIPS 2 – SCARCITY
Berikan keterbatasan dalam segi jumlah produk, seat tersisa, hingga waktu promo berlaku, dll.
TIPS 3 – PAIN
Kasih tahu pembaca apa kerugian yang akan mereka dapatkan ketika mereka nenunda atau tidak membeli produk/jasa Anda. Kasih tahu juga penawaran tersebut sudah Anda infokan ke banyak orang sedangkan kuotanya terbatas.
Berikut contoh-contoh frasa dalam menulis N.B :
 Sudah lebih dari 2000 orang sudah merasakan keunggulan produk ini. Sekarang giliran Anda!  Kabar buruknya, saya baru saja menginformasikan ini ke 65.000 orang dan kuota hanya 350 orang. Daftar sekarang!  Siapa yang cepat, dia akan mendapatkan produk langka ini!  Sekarang adalah saat terbaik untuk memutuskan! SMS xxxxx Sekarang.  Harga promo tersebut hanya untuk 100 pembeli tercepat. Jika habis maka saya akan menutup penjualan ini segera!  Pada email berikutnya saya akan memberitahu kepada Anda bagaimana cara mendaftar Pre Order Kaos ini. Dan sekaligus saya akan memberikan BONUS EKSKLUSIF kepada Anda senilai Rp 990.000. Ingat! Jangan sampai kelewatan atau Anda menyesal!  Harga Pre Order hanya sampai tanggal 30 Januari 2016 saja. Maka, pastikan Anda mendaftar sebelum kuota penuh! Sip?  Penawaran ini hanya khusus hari ini saja sampai jam 21.00 WIB. Beli sekarang atau menyesal selamanya!
Itulah ke-8 Elemen Penting dalam Copywriting yang benar-benar harus Anda pahami betul jika Anda ingin mahir copywriting. Materi selanjutnya Anda akan mengetahui bagaimana cara menulis Headline yang mematikan pembaca.
Selamat Praktek!

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply