Apa itu Akupresure

Apa itu Akupresure

Pengertian Akupresur

Akupresur berasal dari kata accus dan pressure, yang berarti jarum dan menekan. Akupresur merupakan istilah yang digunakan untuk memberikan rangsangan (stimulasi) titik akupunktur dengan teknik penekanan atau teknik mekanik. Penekanan dilakukan sebagai pengganti penusukan jarum yang dilakukan pada akupunktur dengan tujuan untuk melancarkan aliran energi vital (qi) pada seluruh tubuh (Wikipedia).

Akupresur adalah sebuah ilmu pengobatan dengan menekan, memijit, mengurut bagian dari tubuh untuk mengaktifkan peredaran energi vital atau Ci. Akupresur juga disebut akupuntur tanpa jarum, atau pijat akupuntur, sebab teori akupunturlah yang menjadi dasar praktik akupresur. Akupuntur menggunakan jarum sebagai alat bantu praktik, sedangkan akupresur menggunakan jari, tangan, bagian tubuh lainnya atau alat tumpul sebagai pengganti jarum (Sukanta, 2003).

Pada dasarnya Akurpresur berarti teknik pijat yang dilakukan pada titik-titik tertentu ditubuh, untuk menstimulasi titik-titik energi. Tujuannya adalah agar seluruh organ tubuh memperoleh ‘chi’ yang cukup sehingga terjadi keseimbangan chi tubuh. ‘chi’ adalah energi yang mengalir melalui jaringan di berbagai meridian tubuh dan cabang-cabangnya. Cara meningkatkan atau ‘membangunkan’ energi tubuh tersebut pada akupunktur dilakukan dengan menusukkan jarum-jarum akupunktur pada titik-titik meridian tertentu yang berkaitan dengan keluhan pasien, sedangkan akurpresur melakukan hal yang sama dengan tekanan jari-jari tangan dan pemijatan (Hadibroto, 2006 ).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply