Sejarah Akupresur

Sejarah Akupresur

Pada mulanya memijat digunakan untuk mengatasi keluhan nyeri pada bagian tertentu ditubuh sebagai bagian dari reflek alami manusia. Misalnya pada sakit kepala, orang cenderung memijat atau menyentuh bagian kepala dan tanpa disadari orang tersebut sudah melakukan terapi pijat pada bagian yang sakit.

Pada awalnya, terapi pijat dilakukan tanpa memperhitungkan baik anatomi atau struktur otot orang yang dipijat maupun konsep aliran energi yin dan yang. Sejalan dengan waktu dan bertambahnya pengalaman, terapi pijat kemudian berkembang dalam dua arah yaitu termasuk dalam disiplin ilmu fisioterapi dan akupresur (yang oleh dunia medis atau kedokteran barat termasuk dalam pengobatan alternative atau komplementer). Fisioterapi berpedoman pada struktur anatomi otot dan saraf bagian yang dipijat, sedangkan akupresur berbasis pengetahuan oriental tentang aliran energy yin dan yang. Yang merupakan rujukan dalam pengobatan akupunktur dan terapi oriental lainnya termasuk gizi makrobiotik.

Perkembangan akupresur di Indonesia mulai terjadi sejak kedatangan imigran china ke Indonesia. Para pengobat dari china ini berbaur dengan penduduk lokal dan menerapkan ilmu pengobatannya bersama cara-cara lokal seperti mengurut, mengerok, dan minum ramuan jamu lokal. Dengan demikian, sekalipun akupresur berasal dari china, ternyata metode pengobatan yang murah dan memberikan rasa nyaman ini dapat dipadu dengan cara-cara pengobatan lokal terutama di pulau Jawa. Pengobatan akupresur yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan memberikan kenyamanan dapat berjalan berdampingan dengan pengobatan barat yang lebih menguntungkan tindakan mengatasi penyebab dan/atau menghilangkan gejala. Jika pengobatan barat berbasis bukti lewat penelitian ilmiah maka pengobatan oriental termasuk pengobatan lokal berbasis empiris yang dibuktikan oleh kemampuannya bertahan selama beratus tahun.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

One Response

  1. Mr WordPressDecember 6, 2012 at 5:11 pmReply

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in and view the post's comments. There you will have the option to edit or delete them.

Leave a Reply